Minggu, 01 Mei 2016

CAMTASIA



CAMTASIA

Oleh: Rochmad Kartiko

Mata Kuliah: Penerbitan Grafis dan Elektronik
Dosen Pengampu: Pitoyo Widhi Akmoko S. Si, M. Si
Penulis: Rochmad Kartiko
Publikasi: Aulia Nurdienawati (135030701111018)


Camtasia Studio adalah Software (Perangkat Lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Corporation. Camtasia digunakan untuk merekam semua aktivitas yang ada pada desktop Komputer. Software ini dapat dimanfaatkan untuk membuat video tutorial atau media pembelajaran yang lebih mudah.
Penjelasan Tentang Camtasia
Dalam Camtasia Studio, suatu aplikasi yang dapat anda konversi dengan format ‘camrec’ menjadi format yang anda inginkan (SWF, WMV, AVI, RM, dll). Selain itu, anda juga dapat menambahkan berbagai efek yang sudah disediakan misalnya menambahkan efek transisi, menambahkan background musik, memberikan zoom, callouts, dan fasilitas lainnya yang akan mendukung video rekaman anda. Software ini sangat populer oleh para pembuat tutorial dan pembuat CD Interaktif. karena dari dahulu camtasia memang selalu lebih unggul dalam recording screen. adapun Fungsi dari Camtasia sebagai berikut :
1.      Merekam aktivitas layar pada Desktop komputer agan
2.      Mengedit Video (seperti menambahkan teks, gambar, animasi, atau transisi)
3.      Mengkonversi ke Format video tertentu, seperti SWF, FLV, AVI, RM, dll.
Adapun keunggulan dari aplikasi rekam video ini diantaranya:
1.      File size hasil recording lebih kecil Selain lebih kecil juga perekaman gambar lebih halus dan lebih rendah menggunakan memori saat merekam layar.
2.      Support multi layer Camtasia bisa support beberapa track video secara langsung.
3.      Interaktif quizAnda juga dapat membuat quiz untuk hasil rendernya layaknya CD Interaktif, ada banyak pilihan tipe quiz yang dapat anda pilih.
4.      Support HD Untuk export output HD camtasia sudah mampu membuat lebih baik. dan hasil export bisa menggunakan format player HTML5.
5.      Animasi motion Layer atau track pada timeline bisa dianimasikan seperti di adobe premiere.
6.      Visual Effect Walaupun hanya sederhana, camtasia studio dilengkapi dengan visual Effect.
 Dalam Camtasia Studio, anda dapat mengkonversi format ‘camrec’ menjadi format yang anda inginkan (SWF, WMV, AVI, RM, dll). Selain itu, anda juga dapat menambahkan berbagai efek yang sudah disediakan misalnya menambahkan efek transisi, menambahkan background musik, memberikan zoom, callouts, dan fasilitas lainnya yang akan mendukung video rekaman anda. Software ini sangat populer oleh para pembuat tutorial dan pembuat CD Interaktif. karena dari dahulu camtasia memang selalu lebih unggul dalam recording screen. 
Ini nih kelebihannya :
1.      file size hasil recording lebih kecil
selain lebih kecil juga perekaman gambar lebih halus dan lebih rendah menggunakan memori saat merekam layar.
2.      support multi layer
tidak seperti versi sebelumnya yang hanya mempunyai 1 track video, kini camtasia 8 bisa support beberapa track video secara langsung. 
3.      interaktif quizanda juga dapat membuat quiz untuk hasil rendernya layaknya CD Interaktif, ada banyak pilihan tipe quiz yang dapat anda pilih. 
4.      support HD
untuk export output HD camtasia 8 sudah mampu membuat lebih baik. dan hasil export bisa menggunakan format player HTML5.
5.      animasi motion 
layer atau track pada timeline bisa dianimasikan seperti di adobe premiere.
6.      Visual Effect
walaupun hanya sederhana, camtasia studio 8 dilengkapi dengan visual Effect

Tidak ada komentar:

Posting Komentar